Senin, 30 Juli 2012

Semarang – Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid agung jateng terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang Jawa Tengah. Begitu sampai di parkiran, kemegahan masjid sudah terlihat jelas. Halaman, bangunan masjid, parkiran dan toiletnya begitu luas serta menaranya pun tinggi. Yang menjadi daya tarik saya adalah benda putih besar berdiri di halaman depan masjid sebanyak 6 buah. Itu tenda yang mirip seperti di Masjid Madinah, yang kalau hujan akan mengembang memayungi jamaah.
Pengen deh lihat "payung" itu terbuka


 Masjid tampak depan


Semilir angin sore itu membuat mata saya seolah dininabobokan, tapi tak lama adzan ashar berkumandang. Begitu masuk ke ruang utama masjid, subhanallah luas sekali. Lampu di tengah ruangan mengingatkan saya pada lampu di salah satu masjid di Turki yang pernah saya lihat di televisi.

 Tengah-tengah masjid


 Kaligrafi terukir indah


Setelah selasai sholat ashar, saya tertarik menaiki menara di timur masjid. Namanya menara al-husna karena tingginya 99 m. Menara itu ada 19 lantai. Begitu sampai di lantai 19, anginnya begitu besar menerpa wajah saya. Dari sana saya bisa melihat kota Semarang walaupun tidak secara keseluruhan.
 
Menara Al-Husna


 Masjid dilihat dari Menara Al-Husna

So, if you visit Semarang, please visit The Central Java Mosque. It is a great mosque I ever seen in central Java.

3 komentar:

  1. Subhanallah...
    Baguuuuuuus bgt teh...
    Ahh jadinya pngn kesemarang sekarang aja..
    Qcma baru bisa liat dtipi doank..
    payung tu kpn dibukanya???

    BalasHapus
  2. duitmu udah banyak, tinggal terbang kesini :D
    Payung itu mungkin kalo shalat ied baru dibuka..

    BalasHapus
  3. haaa masa?bearti cma staun 2 kale?
    kykx klo lg ujan ato panas bgt..bru dibuka

    BalasHapus