Minggu, 29 Juli 2012

Ciamis – Nasi Liwet & Ikan Bakar


Libur lebaran tahun lalu, begitu menyenangkan bagi saya. Apalagi ada moment yang jarang dilakukan. Hanya setahun sekali atau bahkan beberapa tahun sekali. Yaaa, saat lebaran adalah saat berkumpulnya keluarga. Orang tua dan saudara saya yang earn a living di ibu kota mudik setiap lebaran, begitu pun saya. Mudik. Moment itu tidak pernah saya lakukan di kota rantauan saya, ngaliwet

 Ikan bawal yang baru ditangkap dari kolam
 Ikan bawal setelah dibakar hmmm...

Sesuai namanya, ngaliwet itu membuat nasi liwet dan jangan lupa ikan bakarnya. Uuhhh mantap deh! Bedanya nasi liwet dengan nasi biasa, kalau nasi biasa tingginya air dari beras hanya satu buku jari sedangkan nasi liwet dua buku jari. Ditaburi sedikit garam, daun salam, dan cabe rawit lalu diaduk. Kalau lagi gak punya ikan, kami menaruh ikan asin peda/butong di atas nasi liwet lalu dikukus. Rasanya gak jauh beda sama ikan bakar, maklum kalau lagi laper apa aja enak.

Aroma nasi liwet ketika diangkat dari wajan hmmm gak bisa dituliskan dengan kata-kata deh. Lebay mungkin, tapi memang begitu adanya. Nikmat! Agar lebih nikmat penyajiannya pun harus di atas daun pisang. Ikan yang kami tangkap langsung dari kolam –mayoritas penduduk di desa saya punya kolam ikan- dibakar dan dibumbui kecap manis. 

Tadaaaa.. nasi liwet dan ikan bakar siap dihidangkan. Sambelnya jangan lupa yaaa, menyantap makanan yang lagi panas-panasnya disertai sambel yang pedas sungguh meningkatkan selera makan. Hossshhh.. hosshhh… 
 Nasi liwet dan ikan bakar yang masih panas, siap disantap

 Makan kayak gini nih, yang bikin nambah

Done! Puing-puing pengeroyokan masa hehehe..


Well, if you visit Ciamis, don’t forget to make nasi liwet with your friend or family. It is nice moment. Happy trying..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar